Articles / Tue, 26 Nov 2019

Pemeriksaan Kekerasan Baja Tulangan dengan Uji Brinell

Setiap material atau benda memiliki nilai kekerasan yang tentunya berbeda-beda, secara defenisi kekerasan merupakan bentuk ketahanan specimen material atau benda terhadap deformasi plastis yang ditimbukan akibat adanya pengaruh seperti goresan dan tekanan sehingga menghasilkan lekukan pada permukaan material atau benda tersebut. Dalam mengukur nilai kekerasan pada material atau benda maka harus digunakan pengujian terlebih dahulu, pengujian ini dikenal dengan nama uji kekerasan menggunakan mesin uji Brinell tester. Untuk mengetahui Karakteristik baja yang digunakan maka perlu dilakukan uji kekerasan baja tulangan dengan uji Brinell. Pengjian ini dilakukan dengan metode membongkar beton / chipping dan menempelkan alat uji kepada tulangan yang sudah terpasang didalam beton.
Other articles
Articles / 2020-03-13 10:52:06

Hammer Test

Hammer test yaitu suatu alat pemeriksaan mutu beton tanpa merusak beton. Metode pengujian ini dilakukan dengan menggunakan memberikan beban intact (tumbukan) pada permukaan beton dengan menggunakan suatu massa yang diaktifkan dengan menggunakan energi yang besarnya tertentu.

Articles / 2020-01-02 10:33:13

Audit Struktur

Kegiatan audit struktur dilakukan untuk memastikan kondisi keandalan struktur bangunan gedung yang dikarenakan adanya perubahan fungsi dan/atau perubahan beban.

Hal ini perlu dilakukan juga mengingat kondisi material bangunan gedung cenderung mengalami penurunan dikarenakan masa pakai yang telah lama, sehingga audit struktur perlu dilakukan untuk memastikan kesinambungan operasi dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Articles / 2019-11-26 12:40:42

Pengujian Karbonasi Beton dengan larutan Phenolpthalein

Pengujian laju karbonasi adalah pengujian yang bertujuan untuk mengetahui kondisi beton apakah terkarbonasi atau tidak akibat pengaruh kebocoran, umur beton, temperature dan lain-lain.