Articles / Tue, 16 Jun 2020

Rebar Scan Test

Re-bar Scan atau sering disebut Cover Meter Test adalah uji untuk mengukur tebal selimut beton, jarak antar tulangan dan besar diameter tulangan.

 

Teknologi yang digunakan adalah The pulse-induction method, dimana metode ini didasarkan pada induksi gelombang elektromagnetik untuk mendeteksi baja tulangan. Coil pada probe secara periodik dibebani arus gelombang sehingga menghasilkan medan magnet. Pada permukaan bahan yang konduktif akan menginduksi medan magnet dalam arah yang berlawanan. Perubahan yang dihasilkan dalam tegangan ini yang digunakan untuk pengukuran. Baja tulangan yang lebih dekat dengan probe atau ukuran yang lebih besar akan menghasilkan medan magnet yang kuat.

Pemrosesan sinyal selain membantu melokalisasi pembacaan baja tulangan, juga dapat menentukan tebal cover beton dan mengestimasi diameter tulangan. Metode ini tidak dipengaruhi oleh bahan non konduktif seperti beton, kayu, plastik, batu bata, dll. Namun setiap jenis bahan konduktif dalam medan magnet akan memiliki pengaruh pada hasil pengukuran.

 

Gambar berikut ini adalah alat yang digunakan .

 

 

Scanner digunakan untuk melakukan scanning pada permukaan beton yang ingin diketahui tebal selimut betonnya, jarak antar tulangan dan diameter tulangannya. Seluruh data scan akan terecord, selanjutnya data disimpan dan ditampilkan pada monitor PS 200.

 

Faktor ketelitian dalam penggunaan ferro scan PS 200, seperti pada tabel berikut:

 

 

Untuk identifikasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan bantuan software, sehingga data dapat ditampilkan dalam bentuk data tabel penulangan dan visualisasi yang lebih baik, seperti pada gambar berikut:

 

 

Berikut adalah foto-foto saat rebar scan test oleh PT Tunas Engineering

Untuk info lebih lanjut bisa hubungi Kami:

https://tunas-engineering.co.id/

email : ms_tunas@yahoo.co.id

wa/telp :08128564141 / 02175882435

fanpage : struktur.konsultan

Instagram : tunas_engineering

Other articles
Articles / 2020-06-16 11:37:21

Rebar Scan Test

Re-bar Scan atau sering disebut Cover Meter Test adalah uji untuk mengukur tebal selimut beton, jarak antar tulangan dan besar diameter tulangan.

 

Articles / 2020-06-16 11:37:32

Asessment Struktur

Kegiatan Asessment dan audit struktur dilakukan untuk memastikan kondisi keandalan struktur bangunan gedung yang dikarenakan adanya perubahan fungsi dan/atau perubahan beban.

 

Articles / 2020-06-09 15:49:49

Penyelidikan tanah dengan Metode Sondir

Penyelidikan tanah dengan metode uji sondir  adalah pengujian tanah metode sederhana

dengan  alat uji sondir kapasitas  5 ton dan 2.5 ton. 

Laporan Hasil penyondiran biasanya berbentuk diagram  hasil daya dukung tanah 

yang memperlihatkan hubungan antara kedalaman lapisan tanah 

dan nilai kekerasan tanah dari hasil bacaan dial manometer akibat perlawanan konus (qc)