Articles / Tue, 09 Mar 2021

UPV Test Bank Permata Pluit

Ultrasonic Pulse Velocity Test (UPVT) bekerja berdasarkan pengukuran waktu tempuh gelombang ultrasonik yang merambat pada struktur beton. Gelombang ultrasonik disalurkan dari transmitter yang ditempatkan dipermukaan beton melalui material beton menuju receiver dengan waktu tempuh tersebut diukur oleh Read-Out Unit Pundit Portable Unit Non Destructive Indicator Tester dalam M detik.

Kedua transducer dapat ditempatkan secara Direct, Semi Direct ataupun Indirect. Karena jarak antara kedua transducer ini telah diketahui, maka kecepatan gelombang ultrasonik dalam material beton dapat dihitung, yaitu tebal beton dibagi dengan waktu tempuh.

Karena kecepatan rambat gelombang adalah merupakan fungsi dari kepadatan material, maka dengan diketahuinya cepat rambat gelombang ultrasonik di dalam beton, kecepatan tersebut dapat dikorelasikan kepada nilai kepadatan beton, kemudian selanjutnya dikorelasikan lagi untuk mendapatkan mutu beton, berdasarkan grafik empiris hubungan kecepatan rambat gelombang dengan mutu beton.

Selain pengukuran mutu beton, UPVT dapat juga digunakan untuk mengukur kedalaman retak dan adanya honeycomb pada beton.

For another Article : https://tunas-engineering.co.id/web/article.html

Content on Instagram : https://www.instagram.com/p/CMLqqTwnLL6/?utm_source=ig_web_copy_link

Content on Fanpage : https://www.facebook.com/struktur.konsultan/photos/pcb.878459386035206/878459192701892/

Other articles
Articles / 2021-02-04 17:05:36

UPV Test Bank HSBC Kalimantan

UPV Test beton untuk pengujian mutu beton dan bidang retak pada beton - untuk Bank HSBC Jalan Jendral Sudirman, Samarinda - Kalimantan timur

Articles / 2021-02-11 10:19:26

Hammer Test Bank UOB Jl. Jend Sudirman Bandung

Hammer Test untuk pengujian kualitas beton di permukaan, di Bank UOB Jl. Jend. Sudirman No.55 A, Karanganyar, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat 40241

Articles / 2020-06-16 11:35:27

Uji Hammer Test

Hammer test yaitu suatu alat pemeriksaan mutu beton tanpa merusak beton. Metode pengujian ini dilakukan dengan menggunakan memberikan beban intact (tumbukan) pada permukaan beton dengan menggunakan suatu massa yang diaktifkan dengan menggunakan energi yang besarnya tertentu.